(0356) 412150
smabancar@gmail.com
Serunya Mencari Dan Memperluas Ilmu Keagamaan Di Kegiatan Pesantren Ramadhan
Serunya Mencari Dan Memperluas Ilmu Keagamaan Di Kegiatan Pesantren Ramadhan
Fri, 28 June 2024
Penulis : admin
IMG-20230331-WA0003-300x170

Kira kira, kegiatan apa saja sih yang biasanya sering kita lakukan selama Bulan Ramadhan?
Tadarus? Memperbanyak kegiatan amal? Atau,, justru hanya bergoleran di tempat tidur tanpa melakukan kegiatan apapun?
Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang akan sangat disayangkan apabila kita tidak dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Padahal, ada banyak sekali hikmah dan manfaat yang nantinya dapat kita ambil di bulan yang penuh berkah ini.
Oleh sebab itu di awal bulan April kemarin, lebih tepatnya pada tanggal 27 Maret 2023sampai 4 April 2023. SMA NEGERI 1 BANCAR mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang berfokus pada pendalaman ilmu agama.

Kita sendiri juga pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Pesantren Ramadhan bukan?
Ini merupakan suatu jenis Tarbiyah atau pendidikan yang ada di luar waktu formal pembelajaran klasikal. Momennya hanya dapat dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Ramadhan.
Kegiatan kali ini juga dikemas dengan konsep yang ringan dengan harapan para siswa dan siswi tidak merasa jenuh.
Kemudian, siswa dan siswi dari kelas X, XI, dan XII dibagi menjadi 3 sesi yang masing masing memiliki jadwal dua kali pertemuan dan berlangsung selama 6 hari.

Kegiatan akan dimulai pada pukul 07:15 yang mana para siswa dan siswi akan diabsen kedatanganya setelah berakhirnya sholat Dzuha berjamaah.
Berikut adalah rangkaian kegiatan yang berlangsung selama diadakanya Pesantren Ramadhan:

  1. Sholat Dzuha Berjamaah

Kegiatan akan diawali dengan sholat sunnah berjamaah yang dipimpin oleh badan pengajar SMAN 1 BANCAR sesuai dengan jadwal yang tertera. Ini diharapkan agar siswa dan siswi SMAN 1 BANCAR mampu mengerjakan amalan sunah selain mengerjakan ibadah wajib.

  1. Tadarus Al-Quran

Sebagai umat muslim, tentunya kita telah mengetahui bahwasanya Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan kepada nabi Muhammad S.A.W untuk menjadi pedoman kita selama di dunia. Jadi sudah sepatutnya kita mempelajari dan menerapkan apa yang terkandung dalam Al-Quran. Terlebih di bulan yang suci dan penuh berkah ini, alangkah baiknya jika kita memperbanyak membaca Al-Quran. Mengingat ini adalah bulan di mana kitab suci kita di turunkan.Penyampaian Materi Siapa yang biasanya tertidur saat jam pelajaran di kelas sedang berlangsung? hal ini seolah sudah menjadi kebiasaan lantaran merasa jenuh dengan beberapa mata pelajaran. Namun di kegiatan Pesantren Ramadhan Kali ini, Bapak/Ibu guru yang bertugas menyampaikan materi sering kali menambahkan candaan dan ice breaking sehingga membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.
Adapun beberapa materi yang disampaikan antara lain:

Puasa dan pengertianya

Fiqih

Akidah akhlaq
Meski terlihat sangat familiar dan sering kita dengar, namun ada beberapa anak yang sebenarnya kurang mengerti. Maka dari itu dilakukan pendalaman materi guna memperluas dan meluruskan apa yang yang siswa dan siswi belum pahami.

Sholat Dzuhur Berjamaah Sama seperti sholat dzuha, sholat dzuhur berjamaah juga akan dipimpin oleh badan
pengajar SMAN 1 BANCAR sesuai dengan jadwal yang tertera. Ini dilaksanakan setelah berakhirnya jam istirahat dan menjadi tanda berakhirnya kegiatan pada hari tersebut.

3. Zakat Fitrah

Nahhh, kita sudah sampai di kegiatan paling akhir nih, yaitu Zakat Fitrah.
Kira kira, apa yang kalian ketahui tentang Zakat Fitrah? Apakah itu hanya sekedar moment di mana kita akan memberikan Sebagian beras atau makanan pokok kepada orang orang yang dinilai kurang mampu?
Tentunya bukan hanya itu. Jadi, mari kita pahami dulu yuk, apa sih Zakat Fitrah itu?
Zakat Fitrah merupakan zakat diri yang diwajibkan bagi setiap umat muslim sesuai dengan syarat yang ditetapkan pada Bulan Rmadhan. Besaran Zakat Fitrah yang telah disetujui adalah 2,5kg / 3,5 liter makanan pokok.
Sementara untuk siswa dan siswi SMAN 1 BANCAR sendiri, dikenai biaya sebesar RP.35.000 per anak supaya mempermudah dalam pengelolaan.
Zakat Fitrah juga bermakna mensucikan jiwa dari sifat kikir dan mendidik para siswa supaya memiliki jiwa kepedulian yang tinggi. Sekarang, coba kita renungkan bersama. Hal baik apa yang telah kita lakukan selama ini?
Apakah kita telah mencoba untuk beribadah sepanjang waktu? Apa kita telah banyak membantu orang orang yang mengalami kesulitan dalam hidupnya?
Maka dari itu di bulan yang penuh berkah ini, mari kita saling bergandengan tangan dan saling membantu dalam kebaikan. (Siti Nur Aeni XI MIPA 2)

Uncategorized

Artikel Lainnya

Semarak Purna Wiyata SMAN...
Sebanyak 153 siswa SMAN 1 Bancar (SMANCAR) telah melaksanakan purna wiyata pada selasa, 23 Mei 2023. Setelah mengikuti serangkaian ujian...
Fri, 28 June 2024 | 2:39
3 Siswa SMAN 1...
Prestasi siswa SMAN 1 Bancar terus bermunculan, pasalnya dari tujuh orang siswa yang lolos seleksi paskibraka ditingkat kecamatan akhirnya tiga...
Fri, 28 June 2024 | 2:37
Selamat..Siswa SMAN 1 Bancar...
Siswa SMAN 1 Bancar Listi Ananda kelas X Mipa 2 berhasil raih juara 2 dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)...
Fri, 28 June 2024 | 2:36
Raih Keberkahan Ramadhan, Smancar...
Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, dan salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keberkahan adalah melalui bersedekah, begitulah...
Fri, 28 June 2024 | 2:35

Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/smanban2/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427