(0356) 412150
smabancar@gmail.com
KHOTMIL QUR’AN DALAM RANGKA PERINGATAN NUZULUL QUR’AN SMAN 1 BANCAR
KHOTMIL QUR’AN DALAM RANGKA PERINGATAN NUZULUL QUR’AN SMAN 1 BANCAR
Fri, 28 June 2024
Penulis : admin
IMG-20230407-WA0003-300x170

Syahru ramadhan adalah bulan di mana Allah SWT memberikan rahmatnya kepada semua hambanya kecuali dari hamba sendiri yang memang tidak mau mendapatkan rahmatnya…
Perlu kita ingat kembali awal mula Allah SWT. Menciptakan manusia sempurna dengan akal dan nafsu, sehingga manusia bisa berfikir dengan akalnya dan memiliki keinginan dengan nafsunya. Sungguh suatu hikmah yang amat sangat besar ketika Allah SWT. Menciptakan nafsu yang diceritakan dalam kitab tafsir bahwa pada saat nafsu sudah terwujud Allah SWT. Mengajak nafsu untuk berdialog dengan-NYA.
Allah SWT: ”wahai nasfu man anta wa man anna.?” ( wahai nafsu siapa kamu dan siapa aku?)
Nafsu : “ anna ya ana wa anta ya anta .! ( saya ya saya dan kamu ya kamu.!)
Allah SWT. Murka mendengar jawaban yang di ucapkan nafsu sehingga Allah SWT. Memerintahkan malaikat untuk memasukanya ke neraka HAAR ( neraka yang sangat panas ) sampai ratusan tahun. Kemudian Allah SWT. Memerintahkan malaikat untuk mengambil nafsu yang ada di neraka HAAR dan menanyainya kembali.
Allah SWT: ”wahai nasfu man anta wa man anna.?” ( wahai nafsu siapa kamu dan siapa aku?)
Nafsu : “ anna ya ana wa anta ya anta .! ( saya ya saya dan kamu ya kamu.!)
Allah SWT. Murka mendengar jawaban yang di ucapkan nafsu sehingga Allah SWT. Memerintahkan malaikat untuk memasukanya ke neraka BARDAH ( neraka yang sangat dingin ) sampai ratusan tahun. di cerikan bahwa ketika seseorang di masukkan di dalamnya maka akan membeku dan hancur. Kemudian Allah SWT. Memerintahkan malaikat untuk mengambil nafsu yang ada di neraka BARDAH dan menanyainya kembali.
Allah SWT: ”wahai nasfu man anta wa man anna.?” ( wahai nafsu siapa kamu dan siapa aku?)
Nafsu : “ anna ya ana wa anta ya anta .! ( saya ya saya dan kamu ya kamu.!).
Mendengar jawaban yang ke tiga kalinya Allah sangat murka kepada nafsu dan memerintahkan malaikat untuk memasukkan nafsu kedalam neraka JUK ( neraka lapar ) diceritakan ketika seseorang dimasukan ke neraka JUK maka orang tersebut akan kering menyakitkan dan hancur.
Setelah nafsu di keluarkan dari neraka JUK kemudian Allah berdialog lagi dengan nya..
Allah SWT: ”wahai nasfu man anta wa man anna.?” ( wahai nafsu siapa kamu dan siapa aku?)
Nafsu : “ anna abduka wa anta robbuk .! ( saya hambaMU dan Engkau adalah Tuhanku.!)
Dari kisah ini disimpulkan bahwa hanya puasa yang bisa menahan manusia untuk tidak tergoda pada hawa nafsunya. Dengan kondisi lapar dan haus manusia akan lemah, letih sehingga tidak memiliki keinginan yang hanya menyenangkan hawa nafsunya..
Betapa besar nikmat dan rahmat Allah yg di berikan kepada hamba-NYA terutama Allah menciptakan bulan ramadhan dimana semua orang muslim belomba-lomba melakukan kebaikan dalam beribadah. Dan diantara kesunnahan dalam bulan ramadhan adalah memperbanyak membaca Al-qur’an
Dari sinilah lahirnya kegiatan khotmil Qur’an yang dilakukan di SMA NEGERI 1 BANCAR untuk memperingati Bulan di turunkanya Al-Qur’an (Nuzulul Qur’an )dan dari sabda Rasul.
إِقْرَؤُالْقُرْاآنَ، فَإِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهْ
Artinya : ”Bacalah kamusekalian Al Qur’an, karena sesungguhnya Al Qur’an itu akan datang pada Hari Kiamat sebagai penolong bagi para pembacanya”. (HR. Ahmad dan Muslim).
Sesuai dengan program SMA NEGERI 1 BANCAR setiap tahun di bulan Ramadhan bertepatan pada bulan Nuzulul qur’an, SMA NEGERI 1 BANCAR melakukan kegiatan khotmil Qur’an dalam memperingati Nuzulul qur’an.
Peringatan nuzulul qur’an SMA NEGERI 1 BANCAR bulan ini di lakukan pada hari Jum’at tanggal 07 April 2023 yang di rangkai dengan buka bersama , pelaksananya di ikuti semua anggota Osis, perwakilan setiap jenjang kelas dari kelas x sampai kelas XII dan kelas IX dari SMP/MTS di daerah Bancar.
Kegiatan dilakukan mulai jam 07.00 sampai setelah sholat maghrib. Setiap anak membaca al-qur’an secara bergantian dari juz 1 – 30 .
Dengan kegiatan ini diharapkan siswa-siswi SMA NEGERI 1 BANCAR tertanam cinta Al-Qur’an…

Uncategorized

Artikel Lainnya

Semarak Purna Wiyata SMAN...
Sebanyak 153 siswa SMAN 1 Bancar (SMANCAR) telah melaksanakan purna wiyata pada selasa, 23 Mei 2023. Setelah mengikuti serangkaian ujian...
Fri, 28 June 2024 | 2:39
3 Siswa SMAN 1...
Prestasi siswa SMAN 1 Bancar terus bermunculan, pasalnya dari tujuh orang siswa yang lolos seleksi paskibraka ditingkat kecamatan akhirnya tiga...
Fri, 28 June 2024 | 2:37
Selamat..Siswa SMAN 1 Bancar...
Siswa SMAN 1 Bancar Listi Ananda kelas X Mipa 2 berhasil raih juara 2 dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)...
Fri, 28 June 2024 | 2:36
Raih Keberkahan Ramadhan, Smancar...
Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, dan salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keberkahan adalah melalui bersedekah, begitulah...
Fri, 28 June 2024 | 2:35

Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/smanban2/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427